Perkuat Pengelolaan Jurnal I FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman jalin kerjasama dan pelatihan dengan pengelola Rumah Jurnal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jakarta, 27 Oktober 2022.

Pengelola FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman laksanakan Couching Clinik dengan Pengelola Rumah Jurnal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Tanggal 26-27 Oktober 2022, di ruang Puslitpen LPPM UIN Syahid Jakarta.

Pengelola Jurnal FITRAH yang diwakili oleh Ardi Oktapian, M.Pd di sambut baik oleh Pengelola Rumah Jurnal UIN Jakarta. Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut kepala pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Syahid Jakarta, Ketua Rumah Jurnal Yazid Hady, M.Pd, Pengelola Jurnal Arabiyat Dr. Azkia Muharom Albantani, M.Pd., pengelola Jurnal Ahkam Muhammad Ishar Helmi, S.Sy., SH. M.H.

Kegiatan ini membahas terkait pengatan jurnal dari sisi Subtansi dan manajemen jurnal untuk mempercepat Akreditasi Nasional dan bereputasi Scopus. Dalam pembahasannya Jurnal FITRAH hampir memenuhi Syarat Akreditasi Sinta dua dari Aspek Dipersitas Penulis, Dipersitas Editor, dan Diversitas Reviewer minimal 5 Negara.

Yazid Hady selaku ketua Rumah Jurnal UIN Syahid memberikan pencerahan terhadap pengelolaan jurnal kepada TIM yang hadir dalam kegiatan tersebut. Beliau menyampaikan ada 3 Aspek penting dalam menjaga Mutu Jurnal agar Akreditasi dan reputasinya meningkat yaitu: 1 Aspek Website; 2 Aspek Editor dan Reviewer; dan 3 Author dan Artikel.

Penjabaran beliau dalam Aspek Website yaitu: 1. Segala informasi website jurnal harus sangat lengkap standar jurnal online berbahas inggris dan tidak boleh ada link yang error pada website; 2. Indeksasi yang dicantumkan harus sesuai dengan jurnalnya dan metadata pada Google Scholar/DOAJ harus terupdate; 3. Instrument pendukung website seperti statcounter dan plugin lainnya harus bekerja dengan baik; 4. Akses website harus cepat tidak lambat dan URL tidak pernah berubah; 5. Doi pastikan aktif tidak error; 6. Segala Aturan yang ada pada website harus sesuai dengan artikel yang diterbitkan terutama pada author guidelines dan copyright lisensi; 7. Semua artikel pada website bisa diakses dengan baik dan Semua Riwayat manajemen dalam jurnal harus lengkap.

Sementara untuk Aspek Editor dan Reviewer yaitu : 1. Tim editor minimal harus mempunyai google scholar; 2. Jumlah tim editor minimal 15 atau 2 kali jumlah artikel jurnal; 3. Jika menggunakan editor dari luar negeri maka harus ada artikel yang berbahasa asing; 4. Usahakan editor mempunyai kualifikasi dari jumlah yang ada 50% lebih mempuyai ID Scopus dan minimal 3 negara asing; 5. Tim Reviewer juga minimal 10 orang lebih dan kualifikasi 50% lebih punya ID scopus dan minimal dari 3 negara asing; 6 Pekerjaan tim editor bisa dibuktikan dengan mereview pada bagian teknis penulisan naskah sebelum ke reviewer dan pada copyediting; 7. Pastikan reviewer mereview naskah hanya pada bagian konten dan tidak pada teknis; 8. Dari jumlah nama yang tercantum pada jurnal 80% bekerja dengan baik pada OJS dibuktikan pada catatan periwayatan jurnal.

Yang terakhir dari Aspek Author dan Artikel yaitu: 1.  kolaborasi Author pada artikel lebih diutamakan dibandingkan single author; 2. Usahakan setiap terbitan ada 2 negara yang tercantum pada artikel baik di nama pertama atau nama selanjutnya; 3. Utamakan artikel pada hasil riset; 4. Penulisan artikel jangan melanggar aturan penulisan artikel mulai dari judul, abstrak, pendahuluan sampai aturan penulisan kutipan dan daftar Pustaka; 5.  Penulisan judul jangan sama dengan aturan penulisan judul skripsi, tesis, dan disertasi tapi focus pada permasalahan artikel yang ingin diteliti; 6.  Jangan ada kesalahan typo dan pemanfaatan instrument pedukung harus dijelaskan dalam paragraph; 7. Layout artikel harus disesuaikan dengan standar jurnal online dan informasi artikel harus lengkap yaitu: nama jurnal, alamat website, doi, issn, copyright, lisensi artikel, volume-nomor-tahun-halaman, co-author dan antar artikel harus konsisten gaya selingkungnya; 8. Setiap perubahan gaya selingkung jurnal hanya bisa dilakukan pada volume baru seperti perubahan layout dan jumlah terbitan; 9. Citasi artikel harus ditingkatkan minimal 31 citasi selama 3 tahun terakhir pada portal dimension dan Daftar Pustaka minimal 25 dengan 60-70% dari jurnal 5-10 tahun terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.