Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menuju Revolusi Industri 4.0

Penulis: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd
Judul Buku: Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi Industri 4.0
Tahun Terbit: 2020
Tempat Terbit : Jakarta
Penerbit : Kencana Divisi Prenadamedia Group

Sinopsis: Revolusi industri 4.0 dengan segudang manfaat dan kecanggihannya menciptakan persaingan global yang semakin kompetitif. Indovidu dituntut agar semakin kreatif dan inovatif, serta menguasai berbagai keahlian. karenanya, guna menciptakan individu-individu yang berkualitas, pendidikan wajib berbenah diri. Salah satunya dengan merancang ulang (redesign) pembelajaran. Dalam revolusi industri 4.0 pembelajaran ditetapkan sebagai interaksi antara peserta didik dan pendidikyang saling berkolaborasi melengkapi satu sama lain. Pendidik membimbing, mengarahkan, dan membina potensi, bakat, dan minat peserta didik. Pendidik dituntut memiliki keahlian dan keterampilan di bidang teknologi, serta menguasai pengembangan pembelajaran berbasis digital.

Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya, menjadi krusial menciptakan pembelajaran yang mampu mengakomodasi individu di era digital, tanpa mengurangi nilai-nilai keislaman dan kemanusiaan. Berlandaskan pemikiran tersebut, peran guru Pendidikan Agama Islam di sekolah menjadi sorotan Utama dalam buku ini. Penuli menelusuri secara mendalam peranan guru Pendidikan Agama Islam guna menghadapi revolusi industri 4.0 di sekolah menengah atas (SMA) Negeri. Redesign pembelajaran dilakukan melalui teknik, pendekatan, metode, media, dan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Buku ini merupakan sebuah respon dalam menyambut era industri 4.0 dengan harapan pendidikan, khususnya pendidikan Agama Islam, terus berbenah diri demi meningkatkan kualitas hidup peserta didik yang beriman, kompeten, dan berakhlak mulia.

 

Link Google Book :https://books.google.co.id/books?id=tn37DwAAQBAJ